15 December 2010

Khasiat Jawer Kotok - Iler

Iler ( Coleus atropurpureus L. )

Khasiat Jawer Kotok - Iler. Banyak sekali tanaman-tanaman yang ada di sekitar lingkungan kita, mungkin di halaman rumah atau di kebun kita. Sayangnya kita tidak tahu tanaman tersebut hanya sebagai hiasan saja atau bahkan mungkin kita menyangkanya sebagai tanaman yang sama sekali tidak bermanfaat.

Salah satunya adalah Jawer Kotok. Banyak yang belum tahu khasiat jawer kotok, biasanya tanaman ini hanya digunakan sebagai tanaman hias saja padahal tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat. Yang berkhasiat untuk pengobatan adalah bagian daunnya yang berwarna merah kehitaman. Sedang iler yang daunnya berwarna-warni tidak berkhasiat untuk pengobatan,sekedar untuk tanaman hias saja.

Jawer kotok biasa juga di sebut dengan istilah Miana, Kentangan, dan Ati-ati. Bentuk daun iler ini bulat meruncing di ujungnya dan di bagian tepinya bergerigi. Tanaman semak ini bisa setinggi orang dewasa. Batangnya segi empat dan lunak sehingga gampang patah. Batang yang patah itu bisa di tancapkan untuk memperoleh tanaman iler yang baru lagi.

Kandungan dan Manfaat Iler.
Daun iler mengandung minyak atsiri antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik,eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil salisilat menghambat iritasi. Selain itu iler juga mengandung sedikit lendir.

Khasiat iler untuk pengobatan

Sakit Mata Merah
Untuk obat minum : 5 helai daun iler di cuci dan di rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Minum sekali habis.
Untuk obat tempel : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi jangan sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

Luka maupun Borok
Beberapa helai daun iler di cuci bersih kemudian di remas-remas sampai mengeluarkan cairan. Tempelkan kebagian tubuh yang luka atau terkena borok-borok. Ganti tiga kali sehari.

Sembelit
5 helai daun iler di cuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan satu sendok makan minyak kacang. Di minum sekaligus.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, komentar anda sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas dan evaluasi blog kami. tapi diharapkan untuk tidak Spam (NO SPAM..)!

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Alfarqy - All Rights Reserved B-Seo Versi 4 by Bamz